Sabtu, 05 Maret 2011

TUGAS 2 Etika Profesi

TUGAS 2
Etika Profesi : Di Kampus


A. Jelaskan tentang tata tertib kehidupan di Kampus yang berlaku umum untuk semua civitas academica ! Apakah aturan tata tertib memang diperlukan di lingkungan kampus? Jelaskan alasannya!
      Jawab:
      selalu berprilaku sopan kepada semua tanpa harus memandang dia siapa, tata tertib memang perlu sekali diberlakukan karena dengan adanya tata tertib semua mahasiswa yang berada dilingkungan kampus tidak berprilaku semena-mena.

B.   Jelaskan perilaku/sikap/ tindakan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh nyata yang saudara amati dan solusi yang saudara tawarkan!
      Jawab: 1. tidak merokok di sembarang tempat
                  2. tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di dalam kelas
                  3. tidak mencorat-coret fasilitas kampus
                  4. tidak ngobrol dengan teman pada saat dosen mengajar
                  5. tidak bermain kartu di areal kampus
                  6. tidak bercanda di saat dosen sedang menerangkan
                  7. tidak berbuat gaduh diluar kelas
                  8. tidak mencontek setiap ulangan
                  9. tidak memesan absen kepada teman
                  10. selalu tidak mengenakan sepatu setiap kali pergi ke kampus

C. Jelaskan perilaku/sikap/ tindakan yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh!
      Jawab: 1.    berprilaku sopan terhadap semua dosen
                  2.   berpakaian yang rapi dan sopan setiap berada dilingkungan kampus
                  3.   selalu menjaga dan merawat setiap fasilitas kampus
                  4.   selalu datang tepat waktu
                  5.   selalu membuat catatan kuliah
                  6.   tidak merokok di dalam gedung/ ruangan
                  7.   selalu percaya pada kemampuan sendiri
                  8.   selalu mengenakan sepatu setiap kali pergi ke kampus
                  9.   membuang sampah selalu pada tempatnya
                  10. selalu mengerjakan tugas setiap dosen memberikan tugas

D. Isilah checklist berikut dengan jujur!, jawablah dengan Ya atau tidak
      No Pernyataan Ya Tidak
1. Saya selalu berpakaian yang pantas/ sesuai dan rapi setiap kali ke kampus
      Jawab: Ya
2. Saya selalu mengenakan sepatu setiap kali pergi ke kampus
      Jawab: Ya
3. Saya selalu datang tepat waktu ke ruangan kuliah
      Jawab: Ya
4. Saya merasa bersalah bila datang terlambat di kelas
      Jawab: Ya
5. Saya kadang-kadang ngobrol dengan teman pada saat dosen mengajar
      Jawab: Ya
6. Saya selalu membuat catatan kuliah
      Jawab: Ya
7. Saya menyapa dosen yang mengajar di kelas saya
      Jawab: Ya
8. Saya mengenal semua dosen yang mengajar saya
      Jawab: Ya
9. Saya membuang sampah selalu pada tempatnya
      Jawab:Ya
10. Saya mengingatkan teman yang membuang sampah sembarangan
      Jawab: Ya
11. Saya mengatur kembali bangku di kelas setelah kuliah selesai
      Jawab: Tidak
12. Saya tidak merokok di dalam gedung/ ruangan
Jawab: Ya
13. Saya di kampus pernah ditegur orang lain karena sikap/perilaku saya yang tidak patut
      Jawab: Tidak
14. Saya pernah menegur mahasiswa lain yang melakukan tindakan tidak pantas di kampus
      Jawab: Tidak
15. Saya tidak peduli dengan apa yang dilakukan oleh mahsiswa lain di kampus, sepenuhnya adalah tanggungjawab mereka
      Jawab: Tidak
16. Saya percaya pada kemampuan sendiri
      Jawab: Ya
17. Saya pernah nyontek pada saat ujian
      Jawab: Tidak
18. Saya pernah melakukan plagiat terhadap karya orang lain
      Jawab: Tidak
19. Saya memberikan kontribusi untuk perbaikan suasana akademik di lingkungan kampus
      Jawab: Ya
20. Saya lebih senang bekerja sendiri daripada kerja kelompok
      Jawab: Tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar